Muhammad Hasyim, Blog’s

REFORMASI GEREJA

Posted on: September 13, 2008

a. Ajaran Martin Luther

Pada tahun 1517 Martin Luther membuat 95 dalil yang menentang ajaran Kristen Katolik. Ia mengajarkan bahwa Gereja itu merupakan kumpulan orang-orang yang percaya (pemeluk agama Nasrani) dan Yesus Kristus sebagai kepalanya. Maka dari itu, kepala Gereja seperti Paus tidak diperlukan lagi.
Karena ajaran Martin Luther bertentangan dengan ajaran Katolik, maka atas desakan Paus, Kaisar Charles V mengundang Martin Luther datang di Reigchstag di Worms (1520), untuk melepaskan ajaran-ajaran yang dianggap keliru oleh Gereja Katolik. Ia menerangkan bahwa jika ajarannya itu bertentangan dengan Injil, ia sanggup untuk melepaskannya. Tetapi karena tidak ada yang dapat membantahnya, maka Martin Luther menyatakan melepaskan hubungannya dengan kekuasaan Gereja. Martin Luther sebenarnya telah melepas hubungannya dengan kekuasaan Gereja sebelum terjadinya peristiwa Worms, yaitu ketika Martin Luther membakar surat kutukan Paus.

Walaupun ajaran Martin Luther dianggap keliru oleh Reigchstag, akan tetapi dengan hati yang tabah ia tetap memegang dalil-dalilnya. Sejak itu ia dianggap musuh negara (siapapun juga boleh membunuhnya). Ketika Martin Luther kembali, ia dibawa oleh Friedrich (raja Sachsen) dan diberi perlindungan di kota Wartburg. Ditempat ini Martin Luther menterjemahkan kitab injil dari bahasa Latin kedalam bahasa Jerman. Hal ini menimbulkan dua akibat yang penting, yaitu: pertama, sejak itu bahasa dan kesusasteraan Jerman tedorong untuk berkembang. Kedua,Injil dapat dibaca dan diselidiki oleh tiap-tiap orang,sehingga mereka dapat mempunyai pandangan tersendiri terhadap ajaran Kristen. Untuk selanjutnya Martin Luther membentuk agama Protestan.

Sifat umum agama Protestan adalah memperbolehkan siapapun mempelajari dan menyelidiki Injil, serta menempatkan manusia langsung dihadapan Tuhan. Pemeluk agama Protestan ini juga sangat mementingkan perseorangan dan kemerdekaan dalam hidup dan berpikir. Kemerdekaan berpikir biasanya akan menimbulkan pemberontakan terhadap penguasa dan apabila tidak mampu memberontak maka mereka pindah ke tempat lain agar dapat hidup dan berpikir secara leluasa dan merdeka, seperti perpindahan bangsa Inggris ke Amerika Utara.

Dengan demikian, pembaharuan agama Kristen dipelopori oleh Martin Luther ini sering disebut dengan istilah Reformasi Gereja.

b. Ajaran Calvin
Jean Calvin adalah seorang ahli hukum yang lahir di Noyon, Perancis pada tahun 1509. Calvin mengajarkan bahwa gereja dipisahkan dari kekuasaan pemerintahan duniawi.

c. Agama Anglican di Inggris

Pada mulanya raja-raja Inggris memeluk agama Katolik. Ketika Raja Henry VIII Tudor berselisih dengan Paus, karena Paus tidak mau memberi izin Raja Henry VIII untuk bercerai dengan permaisurinya, maka Raja Henry VIII melepaskan hubungan gereja Inggris dengan Roma. Sejak itu antara Gereja Inggris dengan Roma sudah tidak punya hubungan lagi. Oleh karenanya, yang menjadi kepala agama bukan lagi Paus, melainkan raja Inggris dan agamanya disebut Anglican.

Para reformator lainnya sebagai pendahulu dari Martin Luthe dan Jean Calvin diantaranya Jan Hus dari Bohmia, John Wycliffe dari Inggris (abad ke-14), Peter Waldo dari Perancis (abad ke-12). Ketiga tokoh reformator ini dianggap pelopor Protestan pertama

d. Gerakan Kontra reformasi (counter Reformation)

Salah satu implikasi dari gerakan kontra Reformasi tertuang dalam bentuk seni barok. Kata barok berasal dari bahasa Italia yaitu barocco, artinya mutiara yang tidak rata bentuknya. Seni barok ini muncul pertama kalinya pada zaman Renaissance. Seni barok ini berkembang pesat di Italia, Spanyol, Jerman, dan Polandia. Muncul pula pelukis-pelukis terkenal pada masa ini seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo.
Untuk dapat mengatasi keadaan seperti itu diselenggarakan perjanjian perdamaian agama di Augsburg (1555). Pada tahun 1618 pecah perang agama yang berlangsung selama 30 tahun dan berakhir pada tahun 1648. Kemenangan berada dipihak Protestan dan selanjutnya diadakan lagi perjanjian perdamaian agama di Westphalen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Guru Sejarah belajar nulis tentang apa saja yang teah di sampaikan di kelas jika terdapat kekasalahan ataupun kekurangan mohon untuk memberi komentar di buku tamu, semoga bermanfaat bagi guru-guru yang telah mengenal blog

<a

Anda pengunjung yang ke

  • 35,906 Netter

Status YM

Kaksus Radio

    KasKusRadio - Indonesian Radio

    Kampanye

    Pernak-pernik

    Pesan singkat

    Peta Google

    Negara Pengunjung

    %d blogger menyukai ini: