Muhammad Hasyim, Blog’s

REAKSI BANGSA INDONESIA THD JEPANG

Posted on: September 21, 2008

Untuk menarik simpati bangsa Indonesia pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia mendirikan badan-badan resmi seperti Gerakan Tiga A, kemudian Putera dan selanjutnya PETA.

Gerakan Tiga A semboyannya adalah Nippon Pelindung Asia, Nippon Cahaya Asia, Nippon Pemimpin Asia. Gerakan ini dipimpin oleh Syamsuddin SH. Namun dalam perkembangan selanjutnya gerakan ini tidak dapat menarik simpati dan perhatian rakyat, sehingga pada tahun 1943 Gerakan Tiga A dibubarkan dan diganti dengan Putera.

(PUTERA) Organisasi Putera dibentuk pada tahun 1943 di bawah pimpinan “Empat Serangkai”, yaitu Bung Karno, Ki Hajar Dewantara, Kiyai Haji Mas Mansyur. Gerakan Putera ini pun diharapkan dapat menarik perhatian bangsa Indonesia agar membantu pasukan Jepang dalam setiap peperangan yang dilakukannya. Tetapi gerakan Putera yang merupakan bentukan Jepang ini ternyata menjadi bumerang bagi Jepang. Hal ini disebabkan oleh anggota-anggota dari Putera yang memiliki sifat nasionalisme yang tinggi.

PETA merupakan sebuah organisasi bentukan Jepang dengan keanggotaannya terdiri dari pemuda-pemuda Indonesia. Pada awalnya pembentukan PETA ini adalah untuk memenuhi kepentingan peperangan Jepang di Lautan Pasifik dalam menghadapi Pasukan Sekutu. Dalam perkembangan selanjutnya, ternyata PETA justru sangat besar manfaatnya bagi bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan melalui perjuangan fisik. Misalnya Jenderal Sudirman dan Jenderal A.H. Nasution adalah dua orang tokoh militer Indonesia yang pernah menjadi pemimpin pasukan PETA pada zaman Jepang. Namun karena PETA terlalu bersifat nasional dan dianggap sangat membahayakan kedudukan Jepang atas wilayah Indonesia, maka pada tahun 1944 PETA dibubarkan. Berikutnya Jepang mendirikan organisasi lainnya yang bernama Perhimpunan Kebaktian Rakyat yang lebih dikenal dengan nama Jawa Hokokai (1944). Kepemimpinan organisasi ini berada di bawah Komando Militer Jepang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Guru Sejarah belajar nulis tentang apa saja yang teah di sampaikan di kelas jika terdapat kekasalahan ataupun kekurangan mohon untuk memberi komentar di buku tamu, semoga bermanfaat bagi guru-guru yang telah mengenal blog

<a

Anda pengunjung yang ke

  • 35,906 Netter

Status YM

Kaksus Radio

    KasKusRadio - Indonesian Radio

    Kampanye

    Pernak-pernik

    Pesan singkat

    Peta Google

    Negara Pengunjung

    %d blogger menyukai ini: